Android Development di Fasilkom Narotama


Pada 22 Juli 2018, Fasilkom Universitas Narotama kedatangan 2 orang pemateri yang expert di bidang teknologi, dimana acara ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Komunitas AndroidDev Surabaya dibantu oleh DSC Narotama, Jobhun, DiLo Surabaya, Lazday Indonesia dan JetBrains.
Pemateri pertama, Nur Rohman, merupakan seorang Android Engineer di Dicoding. Ia memperkenalkan sebuah platform dimana para Beginner maupun Intermediate Developer (khususnya Android) dapat mengembangkan skillnya untuk menjadi seorang expert melalui modul - modul praktis berbahasa Indonesia, yaitu Dicoding. Dicoding membuka 2 kelas Android yang materinya keep up-to-date, yaitu MADE (Menjadi Android Developer Expert) serta KADE (Kotlin Android Developer Expert).
Pemateri utama, Nurendrantoro Singgih, VP Technology Helpster Company Limited yang juga merupakan Intel Innovator serta Ex-CTO OLX Indonesia membawakan materi mengenai “The Magic of Kotlin”.
Dimana “Kotlin” sendiri merupakan bahasa yang secara resmi menjadi bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android yang telah dirilis pada Google I/O tahun 2017 lalu. Kotlin sendiri menjadi bahasa yang lebih ringkas daripada pendahulunya, yaitu Java. Bukan hanya untuk mengembangkan aplikasi Android, Kotlin bisa digunakan di banyak platform seperti IOS Apps, Backend / Web Services, Data Science hingga IoT.
Tidak hanya mengundang 2 expert Tech Engineer, tapi juga ada dari DiLo Surabaya yang memberikan informasi dan wawasan untuk para peserta. DiLo memberikan banyak support kepada mahasiswa, komunitas, industri kreatif serta para developer maupun remote worker dengan memberikan ruang kerja (coworking space) serta pelatihan maupun program - program (seperti Indigo Incubator).
Acara ini berlangsung dengan baik, dihadiri oleh banyak peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa, developer dan lainnya adalah siswa - siswa setara SMK yang sangat antusias untuk belajar.

Adit.



Instagram