Widget HTML #1

Program Pengakuan Pembelajaran Masa Lalu (RPL) Tipe A

Universitas Natotama mulai semester I tahun 2023 menjadi penyelenggara program Pengakuan Pembelajaran Masa Lalu (RPL) Tipe A

Program RPL ini ditujukan bagi individu yang belum sempat menyelesaikan pendidikan (diploma, sarjana, magister) dan juga bagi para profesional yang telah bekerja dapat melanjutkan dan mengikuti pendidikan melalui pengakuan kredit dan merupakan upaya pemerintah untuk mendorong pembelajaran sepanjang hayat yang berkelanjutan melalui pendidikan formal. pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.

Melalui program ini, Learning Outcome (CP) dan kompetensi yang dicapai melalui pendidikan formal, informal, dan pengalaman kerja dapat digunakan untuk memasuki pendidikan tinggi. Dikutip dari laman RPLA Kemendikbud, mahasiswa RPL tidak perlu mengambil semua SKS pada program studi yang diminati.

Mahasiswa program RPL akan diikutsertakan dalam penilaian program melalui tes portofolio sesuai pedoman RPL untuk mendapatkan kredit akademik. Saat ini terdapat 7 program studi sarjana (Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Teknik Sipil, PG PAUD) dan 3 program studi magister (Manajemen, Ilmu Hukum dan Ilmu Kenotariatan) yang dapat menjadi sarana pendidikan lanjutan bagi pekerja dan profesional atau yang memiliki kompetensi.

Semua pelatihan, pelatihan, keterampilan yang telah dicapai oleh calon mahasiswa, termasuk pengalaman kerja, akan diakui sebagai SKS. Sehingga ketika melanjutkan pendidikan formal, mahasiswa RPL tidak perlu mengulang perkuliahan dari awal.

Calon mahasiswa program dapat berasal dari lulusan SMA/sederajat atau pernah menempuh pendidikan di program diploma, sarjana, atau magister. Namun entah kenapa, pendidikan tidak berlanjut dan sudah berjalan minimal dua tahun.

Selain itu, calon mahasiswa disarankan untuk memiliki sertifikat pelatihan dan kompetensi. Untuk pendaftaran dan informasi dapat menghubungi 10 prodi penyelenggara RPL di Universitas Narotama.

Mari masyarakat manfaatkan kesempatan ini Anda setara dan diakui atas apa yang telah Anda peroleh dan kuasai selama ini, dengan pengakuan kredit dan mendapatkan gelar, itu akan membuat peluang Anda untuk sukses semakin besar.