Home » Uncategorized » UI-Unbraw Gelar Konferensi Internasional Ilmu Komputer

UI-Unbraw Gelar Konferensi Internasional Ilmu Komputer

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya (Unbraw) menggelar konferensi internasional ilmu komputer. Mengingat perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehinga diperlukan acuan yang paten.

Untuk itu, para peneliti duduk bersama dalam sebuah forum International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) 2016. ICACSIS diselenggarakan pada tanggal 15-16 Oktober 2016 di Universitas Brawijaya, Malang.

Plenary Speakers yang akan hadir antara lain Prof Ramjee Prasad (Aalborg University, Denmark), Prof Jim Foster (Keio University, Japan), dan Dr Huang, Ye-Nun (Academia Sinica, Taiwan). Topik yang akan dibahas mencakup aspek Computer Architecture and High Performance Computing, Pattern Recognition, Information Retrieval, Computer Networks, Distance Learning, E-Government dan IT Governance.

Hadir sebagai salah satu pembicara kunci yaitu Stephane Bressan yang merupakan Associate Professor di jurusan ilmu komputer The School of Computing (SoC) of the National University of Singapore (NUS). Dia adalah koordinator Electronic Commerce Laboratory di SoC.

Bressan mengatakan, komunitas informasi global bisa menjadi ancaman maupun jalan keluar bagi keragaman budaya. Arah mana yang akan dipilih ada di tangan dan kepala para profesional serta peneliti.

“Bagaimana mereka bisa mendesain sistem dan teknik yang memungkinkan terjadinya pertukaran, di samping tetap menjaga keberagaman,” kata Bressan.

ICACSIS 2016 merupakan forum internasional yang menghadirkan para peneliti, profesional, mahasiswa serta pakar di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yang berasal dari dalam dan luar negeri. Beberapa negara yang turut berpartisipasi dan hadir dalam ICACSIS 2016, yaitu Jepang, Inggris, Jerman, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, Singapore, Iran, Taiwan, New Zealand, Denmark, Czech Republic, dan Indonesia.

ICACSIS 2016 menjadi wadah bagi peserta untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan informasi terkini. Baik itu mengenai metodologi, teori, aplikasi dalam semua aspek system engineering, human machine interaction, interface dan berbagai aplikasi bermanfaat lainnya.

Panitia konferensi menerima sebanyak 185 makalah dari beberapa negara. Setelah melalui tahap seleksi dan review ketat oleh committee ICACSIS, diperoleh 96 paper yang lolos seleksi untuk dipresentasikan. ICACSIS 2016 terbagi menjadi dua acara utama, yakni Plenary Speech dan Parallel Sessions.

Makalah yang diterima di ICACSIS 2016 akan diindeks oleh SCOPUS sebagaimana ICACSIS tahun-tahun sebelumnya. Konferensi ICACSIS 2016 didukung oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Indonesia dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya sebagai co-host ICACSIS 2016.

Dukungan teknis diberikan oleh The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM). Opening ceremony ICACSIS 2016 dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 pkl 09.00 WIB oleh Mirna Adriani Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI) dan Dana Indra Sensuse Ph.D (Ketua Umum ICACSI

sumber dari : https://nasional.sindonews.com/read/1147632/144/ui-unbraw-gelar-konferensi-internasional-ilmu-komputer-1476612417

Comments

comments

BERITA TERBARU