Home » NEWS » Tiga Aturan Simpel Sebelum Membeli Laptop Baru

Tiga Aturan Simpel Sebelum Membeli Laptop Baru

Berapa RAM yang dibutuhkan? Berapa banyak data yang akan disimpan? Seperti apa pentingnya prosesor?

Saat ini banyak sekali teman kongkow dan anggota keluarga saya  yang bertanya bagaimana cara memilih PC yang baik.

“Apa sih yang seharusnya saya beli?” , tanya mereka. “Apa yang saya perlukan?”, dan sekarang banyak juga yang bertanya, “Beli tablet atau laptop ya?”.

Pertanyaan berbobot, namun tidak sulit juga untuk dijawab. Sebuah tablet bisa menggantikan laptop jika semua yang Anda lakukan adalah hanya menelusuri Web dan membaca e-mail. Jika Anda perlu untuk mengerjakan pekerjaan serius baik untuk sekolah atau bisnis atau hanya kehidupan sehari-hari, laptop masih merupakan pilihan cerdas. Laptop memberi Anda keyboard, layar yang lebih besar, kapasitas penyimpanan yang besar, dan kompatibilitas dengan semua software favorit Anda.

Jadi, laptop seperti apa yang harus Anda beli? Dengan spesifikasi dan fitur seperti apa?

1. Setidaknya RAM 4 GB

“Memori empat gigabyte” untuk mereka yang tidak mengerti PC. Semuanya terbatas, dan sistem komputer Anda akan sangat lambat. Banyak laptop yang out of date hanya memiliki 2 GB memory dan itu sangat kurang.

 2. Apabila memungkinkan, belilah sistem yang mempunyai SSD

SSD adalah “Solid-state drive”, ia tidak punya bagian yang bergerak karena itu bisa beroperasi lebih cepat, mengurangi panas, mengonsumsi lebih sedikit daya daripada hard drive biasanya. Anda membayar lebih mahal, tetapi lebih hemat dari segi kapasitas penyimpanan data. Seberapa besar yang Anda butuhkan? Setahu saya, kebanyakan mengisi lebih dari 100 GB.

Memang, meskipun SSD 128GB mungkin tampak seperti downgrade bila dibandingkan dengan hard drive 500GB,  kecepatannya bernilai uang ekstra.

3. Try before you buy. Coba sebelum membeli

Anda bisa mencari sendiri toko laptop yang menjual barang-barang bagus meski pun sekarang toko tersebut semakin jarang. Anda harus melakukannya.

Tentu, Anda dapat berbelanja online untuk mencari spesifikasi dan harga, tetapi Anda harus menguji keyboard dan trackpad. Pastikan nyaman dan responsif. Demikian juga, periksa layar: apakah mengkilap dan karena tahan pada silau? Bila memungkinkan, cobalah untuk memegang pada laptop sebelum membelinya

Satu lagi

Saya tidak menyebut tentang prosesor lho. Meski pun Anda melakukan pekerjaan editing video yang berat atau bermain game yang menguras kemampuan VGA card, prosesor bukan faktor penentunya. Hampir semua prosesor cukup cepat saat ini.

Merk juga, sekarang semua bagus dan berloba-lomba berinovasi yang terbaik. Silakan lihat PC World’s Reliability and Satisfaction surveys.

Apakah ada saran lain bagi orang yang akan membeli laptop?

 

http://www.itnews.com/laptops/51164/three-simple-rules-buying-new-laptop

Comments

comments

BERITA TERBARU