Home » NEWS » Apakah kegagalan menggunakan Cloud akan menyesatkan bisnis Anda?

Apakah kegagalan menggunakan Cloud akan menyesatkan bisnis Anda?

SUDUT PANDANG Bagaimana cloud computing dapat membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat dan mengurangi overhead

Ahli Cloud Pontus Noren, co-founder dan direktur Cloudreach mempertimbangkan pro dan kontra dari Cloud dan menjelaskan mengapa tidak  pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai menggunakan Cloud.

Saat pertama kali Cloud Computing ditemukan lima tahun yang lalu, ia menjadi ditahbiskan sebagai sesuatu yang gila tanpa substansi yang nyata. Saat ini, Gartner, analis industri, mencatat Cloud adalah salah satu pilar kekuatan IT.

Cloud tertentu mencakup jangkauan platform dan servis  yang berbeda. Cloud bermanfaat untuk menyimpan data dalam skala besar, menyuplai software aplikasi seri terbaru dengan realtime update, dengan biaya murah dan kepraktisannya.Pertumbuhannya pesat, perusahaan internasional  atau perusahaan dengan mobilitas data tinggi menggunakan host information and application tersentralisasi.Pelanggan membayar sesuai yang mereka perlukan dan bebas meng-upgrade atau kontrak kapasitas ketika diperlukan.

Tidak mengherankan banyak perusahaan beralih dari cara tradiisional berbasis hardware yang dijalankan dari rumah ke sistem Cloud. Di sleuruh Inggris sebuah ruang penuh server yang diawasi oleh profesional IT membuka jalan untuk virtualisasi IT environment dimana setiap pelaku bisnis dapat mengunduh aplikasi dan informasi apapun secara fleksibel.

Perhatian terhadap Cloud

Sebuah kemungkinan baru membuka kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan bisnis dan penghematan, tetapi masih ada kekurangan yang mengganggu.

Sebagai entitas tak berwujud, konsep Cloud dapat dipahami sebagai membentuk puzzle. Perhatian tentang sisi keamanan. Penyimpanan Cloud dapat berarti data Anda telah diunduh ke sebuah memory storage (server) dan berpindah dalam lingkup kumpulan data.

Seringkali Anda tidak habis pikir saat tertentu atau dibawah regulasi negara mana perlindungan terhadap data itu dilakukan. Apa yang akan Anda lakukan apabila Cloud Provider Anda bangkrut dan menghilang, mengalami Denial of Service atau cyber-attack lainnya? Bagaimana dengan power cut? Bagaimana pengawasan untuk  mencegah data corruption, atau bagaimana cara memperbaiki data yang corrupted? Itu adalah pertanyaan yang sangat wajar, namun bisa itu dialamatkan kepada perusahaan Cloud Service Provider yang berkompeten Anda bisa sedikit bernapas lega.

Cloud adalah teknologi handal

Manfaat nyata dari menyempurnakan teknologi adalah berkurangnya kekurangan dan tergantikan dengan reputasi perusahaan yang mampu memberi keamanan, kenyamanan, dengan kadar akuntabilitas tinggi.

Tantangan berikutnya, bagaimana perusahaan mentransfer operasi ke Cloud sementara mereka terikat dengan peraturan IT infrastructure. Meskipun hosting telah membantu sementara waktu, integrasi antara mereka dengan migrasi gradual menjadi public cloud hosted-solution sepenuhnya menjadi kesulitan tersendiri bagi IT departments saat ini.

Cloud service providers bekerja saling terkait dengan perusahaan untuk memperkenalkan dan mendemonstrasikan manfaat dari sistem Cloud-hosted Hal yang dilakukan adalah membantu perusahaan membangun internal Cloud skala kecil. Bantuan ini membantu membangun pasar bisnis dan dapat digunakan untuk demo konsep oleh pimpinan perusahaan. Gather menyatakan bisnis menghabiskan lebih dari 3,6 Triliun untuk IT dan diprediksikan tiga atau lima tahun mendatang budget perusahaan banyak dihabiskan di sektor Cloud Computing.

Cloud membantu bisnis seperti Netflix berkembang pesat

Contoh yang dapat kita cermati adalah pencapaian perusahaan Netflix melalui Cloud computing. Pendiri awal Amazon Web Service, Netflix memulai operasinya tahun 1999 sebagai two-man-band operation dalam bidang streaming video. Dalam 10 tahun Netflix dari perusahaan kecil menjadi perusahaan skala internasional. Amazon Web Service dan Cloud provider lainnya hanya menarik biaya untuk layanan yang digunakan saja, sangat ideal untuk perusahaan dengan cash flow yang rendah.

Keengganan menggunakan Cloud menggambarkan ketakutan dari sebagian pihak: sistem seperti apa yang seharusnya diterapkan dan bagaimana cara pengintegrasian yang terbaik. Dengan meningkatnya perhatian terhadap penerapan cloud computing dan bertambahnya jumlah end-to-end service provider, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai menggunakan Cloud computing selain sekarang.

 

http://www.techradar.com/news/world-of-tech/roundup/will-failure-to-embrace-the-cloud-leave-your-business-lost-in-the-fog-1106432

Comments

comments

BERITA TERBARU